I Nyoman Hesika Indra Darmawan

The experienced Web DeveloperDigital Marketer Digital TransformationSEO and Social Media

Revolusi WordPress 5.0 : Block Editor & Twentynineteen Theme

wordpress block editor__nyoman.id_indra-darmawan_web-developer-bali_digital-marketing

Bagi kalian yang sering mengoprek website atau sekedar menulis blog, pasti sudah tidak asing dengan WordPress. Sebuah Content Management System yang menitikberatkan pada kemudahan penulisan artikel dengan tambahan media berupa gambar atau video. Lebih powerfull lagi, wordpress dapat dimodifikasi dengan theme dan plugin tertentu untuk menghasilkan tampilan yang keren dengan fitur yang mumpuni.

WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. WordPress muncul pertama kali pada tahun 2003 berkat hasil kerja keras Matt Mullenweg dengan Mike Little. WordPress makin terkenal karena fitur-fitur yang menarik dan banyak dukungan dari komunitas untuk perangkat lunak sumber terbuka (opensource).

Saat ini (6 Desember 2018), wordpress sudah merilis versi 5.0 yang diberi nama Bebo, seorang pemusik pionir jazz dari Kuba. Pada versi ini, WordPress melakukan perubahan yang sangat revolusional dibandingkan versi-versi terdahulu, dengan menambahkan new Block Editor dan theme yang secara default sudah memakai Block Editor, Twenty Nineteen.

Block Editor

wordpress block editor__nyoman.id_indra-darmawan_web-developer-bali_digital-marketing

Beberapa perubahan besar lebih terfokus pada bagaimana pengguna dalam penggunaan post editor pada WordPress. Sebuah metode penulisan dengan menggunakan blok-blok menjadi suatu langkah awal untuk pengalaman editing yang jauh lebih menarik di masa mendatang.

  • Lebih fleksibel dalam hal penempatan konten.
  • Proses memasukkan konten media yang jauh lebih mudah dan dapat ter-embed secara otomatis.
  • Setiap bagian dari konten memiliki blok nya masing-masing, sehingga mudah untuk dipindah atau digeser baik dengan mouse maupun keyboard.
  • Tersedia beragam blok yang dapat digunakan mulai dari paragraf, heading, quote, image, cover image, video, audio, column dengan blok yang bercabang, code dan masih banyak lagi

Baca juga : Bagaimana Block Editor bisa menjadi begitu powerfull

Blok juga dapat digunakan kembali dan dapat diubah dari satu jenis ke jenis lainnya. Proses edit seperti ini akan memberikan pengalaman yang konsisten dalam mendesain dan mengatur tata letak konten.

Default Theme Terbaru

Seperti kita ketahui, penamaan tema default dari WordPress selalu menggunakan nama tahun dalam bahasa inggris. Kali ini di tahun 2019, theme defaultnya adalah twentynineteen yang sudah disertai dengan Block Editor.

  • Didesain untuk block editor
  • Simple dan layout yang mudah untuk dimodifikasi.
  • Cocok untuk digunakan pada berbagai jenis website.

Classic Editor

Lebih pilih gunakan Classic Editor yang lebih familiar? WordPress masih mendukung editor ini sampai tahun 2021. Silakan install plugin Classic Editor untuk memunculkan pilihan editor ini dan mengganti tampilan block editor sebelumnya.

Classic Editor akan memberikan anda :

  • Cara lama untuk proses editing post / pages
  • Biarkan anda gunakan proses editing lama yang sudah diwariskan dari versi awal wordpress
  • Improve code-code html basic sampai advance untuk memodifikasi sebagian atau keseluruhan tampilan.
Please follow and like us:

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *